SMAIT Al-Multazam

Hari ke-5 P3M, Acara Ngarewak Barudak Desa Galumbira

Kuningan (9/12/2023). Hari kelima P3M kembali menjadi hari yang penuh kesan bagi anak-anak desa Bunder dan Datar kecamatan Cidahu. Pasalnya kegiatan di hari kelima Pekan Pengabdian pada Masyarakat diisi oleh berbagai macam acara salah satunya yakni “Ngarewak.”

“Ngarewak” merupakan salah satu acara yang memang sudah disusun dan direncanakan oleh angkatan Diamond di lokasi P3M. Acara ini lebih banyak melibatkan anak-anak daripada orang dewasa. Jika di pondok, santri menamakan acara ini dengan sebutan ‘gerebek syawal’, dan dilaksanakannya setiap satu tahun sekali usai liburan Idul Fitri.

Banyak yang hadir dalam acara “ngarewak”, mulai dari anak-anak yang menjadi peserta lomba hingga orang dewasa pun hadir turut memeriahkan dan menyaksikan berlangsungnya acara. Tawa-canda, teriakan dan aba-aba dari masing-masing tim ramai tak terkendali. Dengan ditutup mata dan dimasukannya mereka ke dalam lingkaran kain, mereka harus mengambil sebanyak-banyaknya makanan yang sudah tersedia di sekeliling peserta. Siapa yang paling banyak mengambil makanan maka dialah pemenangnya dan layak mendapatkan hadiah dari kakak-kakak. Masya Allah… meriahnya acara ini sehingga banyak dari para peserta dan penonton berurai air mata karena tak habisnya tertawa terbahak-bahak menyaksikan keseruan anak-anak mengikuti acar “ngarewak.”

“Bahagia itu memang sederhana, seperti sederhananya anak-anak desa Bunder dan Datar memaknai kata bahagia.” Santri kelas XII Angkatan Diamond memang mampu memberikan kesan mendalam untuk warga Desa Kecamatan Cidahu terkhusus anak-anak melalui acara demi acara, kegiatan satu dengan kegiatan lainnya yang dikemas menarik dan unik.

Scroll to Top