SMAIT Al-Multazam

Serentak Bimbingan Makalah, Santri Kelas XII Berburu Ilmu Arungi Lautan Pengetahuan

SMAIT Al-Multazam (18/01/2024). Pembelajaran di luar kelas menjadi kegiatan paling menyenangkan. Tidak terbatasi oleh ruangan dan kebebasan gerak membuat sejumlah santri kelas XII bebas bergerak tanpa dibatasi ruang dan waktu. Mereka berburu dan mengantre untuk mendapatkan bimbingan dari guru terkait karya tulis yang sedang mereka tulis.


Berburu ilmu, arungi lautan pengetahuan menjadi kegiatan mereka saat ini. Tanpa kenal lelah mereka mencari dan menunggu para dewan guru untuk mendapatkan secercah ilmu. Saat ini mereka butuh untuk dibimbing, diarahkan, dan mendapatkan penjelasan secara detail tentang makalah yang sedang digarap guna kesempurnaan karya tulis yang sedang mereka tulis.


Peristiwa pemburuan ini memang langka dan berbeda dengan makna sebenarnya dari kata pemburuan atau berburu. Peristiwa ini hanya terjadi ketika santri kelas XII Menyusun karya tulis ilmiah berupa makalah di penghujung semester dua menjelang kelulusan. Sebuah program pondok yang sudah berjalan sekian lama dari mulai angkatan 5 sampai sekarang. Salah satu program yang dapat dijadikan pengalaman bagi santri sebelum mereka berkuliah dan Menyusun karya ilmiah lebih kompleks lagi berupa skripsi, tesis atau disertasi.


Lihatlah kekompakan mereka dalam berlomba-lomba menyelesaikan tugas akhir makalah. Mereka berbondong-bondong berburu mencari para pembimbing untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan mencari Solusi atas permasalahan yang mereka ungkap dalam karyanya. Mereka rela mengantre dengan sabar layaknya para pasien yang menunggu giliran untuk dipanggil sang dokter. Deg degan dan was-was serta sedikit takut menghantui pikiran mereka karena merasa karya yang telah dibuat tidak maksimal.


Proses pembimbingan memang sangat mereka nantikan, apalagi serentak dilakukan. Dari proses inilah setidaknya memberikan pengetahuan dan pengalaman berharga terutama untuk santri kelas XII bahwa proses itu memang indah dan harus dilalui. Keberhasilan, kesuksesan, dan kesempurnaan karya yang ditulis tentunya akan dapat dicapai melalui proses sempurna. Selamat dan semangat berkarya Diamond…

Scroll to Top