Pesona Pasar Karya Santri Buat Pengunjung Terpana

SMAIT Al-Multazam (20/06/2024). Dalam rangka mengimplementasikan P5 pada Kurikulum Merdeka, SMAIT Al-Multazam menggelar sebuah agenda untuk ketiga kalinya yakni ‘Pasar Karya Santri 2024’. Dengan mengusung tema “Eksistensi Kearifan Lokal dalam Menghadapi Era Society 5.0”, agenda pasar karya santri 2024 menggabungkan sekaligus 3 kegiatan, diantaranya pameran projek P5, pameran digital, dan market day.

Dihadiri oleh sejumlah unsur Yayasan, Ibu Kepala Sekolah SMAIT Ustadzah Nina Herlina, M.Pd., para kepala bagian, dewan guru, dan tentunya seluruh santri dari Tingkat SMP dan SMA, agenda berjalan lancar dan meriah. Semua hadirin antusias menyaksikan semua tampilan dalam agenda ini. Disambut oleh penampilan lagu dan tarian ‘Peuyeum Bandung’ di awal acara menambah suasana semakin meriah. ‘Peuyeum Bandung’, makanan tradisional terbuat dari singkong memang digemari oleh semua kalangan. Lagi-lagi kearifan lokal begitu tergambar warnai pasar karya santri 2024.

Sebagai ketua pelaksanan, Ustad Agus Firmansyah, S.Pd. menyampaikan bahwa agenda pasar karya santri menjadi agenda tahunan yang melibatkan seluruh santri dan tentunya dewan guru SMAIT Al-Multazam. Agenda ini ungkap beliau dalam laporannya, sebagai wujud dari P5 yang bertujuan mengeksplor kompetensi dan skill santri baik melaui pembuatan projek maupun digitalisasi. Dengan harapan melalui berbagai ide dan hasil karya yang dihasilkan santri, mampu mewujudkan generasi yang tidak hanya melek IT, tetapi mereka juga mampu menumbuhkan kecintaan pada kearifan lokal sehingga tercipta keinginan untuk tetap melestarikannya di Tengah moderenisasi saat ini.

Kearifan lokal dan digitalisasi era society 5.0 memang menjadi usungan tema luar biasa untuk agenda pasar karya santri 2024, pasalnya secara simbolis agenda pasar karya santri, dibuka oleh Sekretaris Yayasan, Ustad Didik Wiranto, SP., M.Pd. menggabungkan antara kearifan lokal dengan kecanggihan teknologi. Pandangan hadirin tertuju fokus menunggu acara simbolis ini, terpana ketika sebuah tampilan di layar tiba-tiba muncul melalui sentuhan tangan pada tombol.

Pasar Karya Santri 2024 memang agenda yang penuh dengan hasil karya santri baik dari projek P5 maupun digitalisasi. Projek P5 berupa hasil kunjungan santri ke berbagai Perusahaan olahan makanan khas Kuningan, kerajinan batik, hasil kriya santri, dan olahan makanan yang langsung mereka praktikan sekaligus menjadi makanan jajanan di stand-stand market day. Sementara hasil karya melalui IT, selain mereka pajang, juga mereka tampilkan dalam bentuk scan QR pada alat belajar (IPAD). Luar biasa ‘Pesona Pasar Karya Santri 2024 buat Pengunjung Terpana’.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top